Mengidentifikasi Populasi, Sample, Teknik Analisis Data dan Taraf Kepercayaan Pada Skripsi
Contoh ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA
REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 2
Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa menggunakan media realia. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan daur yang setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Metro Selatan. Dengan jumlah sampel
32 siswa dari kelas IV SDN 2 Mtro Selatan. Data kegiatan dikumpulkan melalui
observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media realia pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 2 Metro
Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat
dilihat dari temuan siklus I, siklus II dan siklus III yaitu aktivitas belajar
siswa seperti dalam aspek partisipasi, sikap, perhatian dan prestasi mengalami
peningkatan disetiap siklusnya yaitu persentase ratarata aktivitas belajar
siswa siklus I (36,62%), siklus II (56,83%), dan siklus III (71,58%). Begitu
juga hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 17 siswa (53,12%) mencapai
ketuntasan belajar, pada siklus II terdapat 23 siswa (71,87%), dan untuk siklus
III meningkat menjadi 27 siswa (84,40%). Apabila hasil belajar siswa dianalisis
dengan uji t-tes berdasarkan taraf kepercayaan 5%, (dk): n-1dan n=32 ditemukan
sebesar 2,042. Berdasarkan ketentuan tersebut, pada uji t-tes siklus I dengan
siklus II didapatkan hasil thitung 2,56 > ttabel 2,042 dan pada uji t-tes
siklus II dengan siklus III didapatkan hasil thitung 3,22 > ttabel 2,042.
Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis penelitian ini
diterima serta adanya peningkatan nilai dari tiap siklus nya setelah
pembelajaran mengunakan media realia.
Berdasarkan pengembangan proses pembelajaran,
peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SDN 2 Metro Selatan dapat
menggunakan media realia dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pembelajaran
geometri agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Kata kunci: Media realia, aktivitas dan hasil belajar.
Mengidentifikasi Populasi, Sample, Teknik Analisis Data dan Taraf Kepercayaan Pada Skripsi
Judul Skripsi : PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Komentar:
Ø Populasi
Populasi pada skripsi tentang “Penggunaan Media
Realia untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012” adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 2 Metro Selatan
Ø Sampel
Sampel pada skripsi tentang “Penggunaan Media Realia
untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012” adalah 32
siswa dari kelas IV SDN 2 Mitro Selatan
Ø Teknik analisis
data
Teknik analisis data pada skripsi tentang
“Penggunaan Media Realia untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran
2011/2012” menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Ø Taraf
kepercayaan
Taraf kepercayaan pada suatu pengujian hipotesis
adalah 0,05 dan 0,01. Apabila hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t-tes
berdasarkan taraf kepercayaan 5%, (dk): n-1dan n=32 ditemukan sebesar 2,042.
Berdasarkan ketentuan tersebut, pada uji t-tes siklus I dengan siklus II
didapatkan hasil thitung 2,56 > ttabel 2,042 dan pada uji t-tes siklus II
dengan siklus III didapatkan hasil thitung 3,22 > ttabel 2,042. Artinya
hipotesis penelitian ini diterima serta adanya peningkatan nilai dari tiap
siklus nya setelah pembelajaran mengunakan media realia.
TUGAS MATEMATIKA
NAMA : A. TENRI AYU WULANDARI
KELAS : XII IPA 4
SEKOLAH : SMAN 13 MAKASSAR
No comments:
Post a Comment