Wednesday, 18 August 2021

Mengidentifikasi Populasi, Sample, Teknik Analisis Data dan Taraf Kepercayaan Pada Skripsi [Materi Matematika]

 Mengidentifikasi Populasi, Sample, Teknik Analisis Data dan Taraf Kepercayaan Pada Skripsi

 Contoh ABSTRAK

PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media realia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan daur yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Metro Selatan. Dengan jumlah sampel 32 siswa dari kelas IV SDN 2 Mtro Selatan. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 2 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari temuan siklus I, siklus II dan siklus III yaitu aktivitas belajar siswa seperti dalam aspek partisipasi, sikap, perhatian dan prestasi mengalami peningkatan disetiap siklusnya yaitu persentase ratarata aktivitas belajar siswa siklus I (36,62%), siklus II (56,83%), dan siklus III (71,58%). Begitu juga hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 17 siswa (53,12%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II terdapat 23 siswa (71,87%), dan untuk siklus III meningkat menjadi 27 siswa (84,40%). Apabila hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t-tes berdasarkan taraf kepercayaan 5%, (dk): n-1dan n=32 ditemukan sebesar 2,042. Berdasarkan ketentuan tersebut, pada uji t-tes siklus I dengan siklus II didapatkan hasil thitung 2,56 > ttabel 2,042 dan pada uji t-tes siklus II dengan siklus III didapatkan hasil thitung 3,22 > ttabel 2,042. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis penelitian ini diterima serta adanya peningkatan nilai dari tiap siklus nya setelah pembelajaran mengunakan media realia.

Berdasarkan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SDN 2 Metro Selatan dapat menggunakan media realia dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pembelajaran geometri agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Kata kunci: Media realia, aktivitas dan hasil belajar.

Mengidentifikasi Populasi, Sample, Teknik Analisis Data dan Taraf Kepercayaan Pada Skripsi

Judul Skripsi             : PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN   AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Komentar: 

Ø  Populasi

Populasi pada skripsi tentang “Penggunaan Media Realia untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012” adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Metro Selatan

Ø  Sampel

Sampel pada skripsi tentang “Penggunaan Media Realia untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012” adalah 32 siswa dari kelas IV SDN 2 Mitro Selatan

Ø  Teknik analisis data

Teknik analisis data pada skripsi tentang “Penggunaan Media Realia untuk Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 2 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012” menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Ø  Taraf kepercayaan

Taraf kepercayaan pada suatu pengujian hipotesis adalah 0,05 dan 0,01. Apabila hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t-tes berdasarkan taraf kepercayaan 5%, (dk): n-1dan n=32 ditemukan sebesar 2,042. Berdasarkan ketentuan tersebut, pada uji t-tes siklus I dengan siklus II didapatkan hasil thitung 2,56 > ttabel 2,042 dan pada uji t-tes siklus II dengan siklus III didapatkan hasil thitung 3,22 > ttabel 2,042. Artinya hipotesis penelitian ini diterima serta adanya peningkatan nilai dari tiap siklus nya setelah pembelajaran mengunakan media realia.

 

 

 

 

TUGAS MATEMATIKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


NAMA           : A. TENRI AYU WULANDARI

KELAS          : XII IPA 4

SEKOLAH    : SMAN 13 MAKASSAR

 

No comments:

Post a Comment